Saturday, February 28, 2015

Lumut.....engkau sangat tangguh

Lumut sangatlah dikenal di kehidupan dan lingkungan kita, karena dapat tumbuh di berbagai tempat dan benda yang merupakan bagian dari keseharian.

Kemampuan untuk tumbuh dan hidup di manapun, membuat lumut sangat dikenal sebagai tumbuhan yang sangat tangguh dan hampir tidak mungkin untuk disingkirkan dengan cara mudah.

Adalah hal biasa jika melihat lumut tumbuh di tembok batu bata, tembok yang dicat, lantai semen, paving batako atau bahkan di atas lantai keramik.









Tumbuhan yang secara tampak mata ini tidak pernah bisa dilihat daun, cabang, batang atau akarnya. Jika tumbuh di tembok batu bata akan tampak akar serabut yang sangat kecil, mampu membuat tempat atau media tumbuhnya mengalami pengikisan sedikit demi sedikit, hal ini terjadi jika lumut tumbuh di media lain yang tidak keras.

Di tempat tertentu, seperti lantai keramik ataupun lantai semen yang dibuat sangat halus, permukaan lumut mampu membuat tempat itu menjadi sangat licin, karena pada saat diinjak lumut berubah menjadi berair, sehingga mampu membuat terpeleset seseorang jika tidak berhati - hati pada saat melangkah di atasnya.

Jika ditelaah secara mendalam selalu ditemukan bahwa lumut selalu tumbuh di media atau tempat yang basah atau mengalami kelembapan yang sangat tinggi dan diterpa sinar matahari baik secara langsung ataupun tidak.

Maka lumut dapat tumbuh di media yang sering kali luput dari perhatian, karena media itu bukan tempat tumbuhnya tumbuhan pada umumnya, tetapi kenyataannya dapat juga dijumpai  di atas media plastik, logam dan media lainnya yang kondisinya cocok untuk tumbuh dan berkembang.





Tak bisa dipungkiri lagi ketangguhan dan kehebatan lumut untuk melangsungkan kehidupan secara turun temurun. Kehebatan itu sudah tertanam dalam diri lumut sejak dulu kala, sebab dia harus ada untuk mewarnai dunia ini, baik dalam anggapan lumut sebagai pengganggu atau bagian untuk memperindah dunia.

Lumut selalu bisa tumbuh tanpa dia minta untuk ditanam, dan selalu bisa hidup dengan ketetapan dari penciptaNya.

No comments:

Post a Comment