Wednesday, March 25, 2015

Pohon - pohon tua di pinggir jalan


Saat ini masih tampak pohon - pohon tua yang tumbuh di kedua sisi jalan di sekitar tempat tinggal. Tentulah sempat terpikir, mengapa pohon - pohon itu tumbuh di pinggir jalan? Jika dilihat lebih dalam, tampak pohon - pohon itu tumbuh pada jarak dan jenis yang sama pada suatu tempat.





Pohon - pohon itu tidak tumbuh dengan sendirinya, pastilah ditanam dengan sengaja dan memiliki tujuan tertentu. Dipilih dari jenis  yang memungkinkan tumbuh di tempat itu dan mampu terus tumbuh sampai tua sesuai rencana penanamnya.












Jika diamati pada saat ini, usia pohon - pohon itu sangatlah tua meskipun tidak mencapai ratusan tahun. Tetapi sudah sangat tua jika dibandingkan dengan segala sesuatu yang berada di sekitarnya, kecuali jalan dimana pohon - pohon tumbuh di kedua sisinya. Jalan terlebih dahulu ada dan kemudian pohon ditanam.

Ketika jalan selesai dibangun, untuk memberikan rasa nyaman bagi penggunaanya maka di tanamlah pohon di kedua sisinya agar diperoleh keteduhan dan kesejukan saat melewatinya ketika matahari bersinar sangat terik. Untuk tumbuh sampai pada ukuran yang mampu memberikan keteduhan diperlukan waktu sangat panjang.











Seiring waktu pertumbuhannya, pohon - pohon itu mengalami segala macam kondisi seperti kekeringan, kepanasan, lebatnya hujan yang mengguyur serta hal lain yang terjadi. Bersamaan dengan itu pohon - pohon itu telah menjadi saksi bisu atas segala peristiwa yang terjadi di jalan tersebut dan sekitarnya baik melibatkan manusia, hewan maupun lingkungan tempat berada.

Di usianya saat ini, pohon - pohon ini mulai mengalami segala yang berhubungan dengan usia tua. Cabang dan daun yang dahulunya banyak sekarang berguguran dan tak tumbuh lagi, lapisan kulit pohon bertambah lapuk, rayap mulai memakan sebagian akar dan batang bawahnya serta memudarnya segala kegagahan dan keperkasaan dalam melalui kurun waktu. Yang ada cuma kondisi tua yang tinggal menunggu tumbang dengan sendirinya atau ditebang pada saat keberadaannya tidak diperlukan lagi serta tempat tumbuhnya digunakan untuk kepentingan lain dan kayunya dibutuhkan untuk berbagai kegunaan.


Tetapi pohon - pohon itu telah menunaikan kewajibannya untuk memberikan segala manfaat bagi yang membutuhkan sepanjang keberadaannya. Walaupun di akhir hidupnya tidak mendapatkan pembalasan jasa serta penghormatan.

Keberadaan pohon - pohon tua saat ini dapat dijadikan pelajaran dalam menyikapi tentang makna kehidupan, bahwa hidup haruslah bermanfaat bagi sekitar tanpa mengharap segala balasan. Karena balasan sempurna atas segala yang telah dilakukan hanya datang dari sang Pencipta dan pohon - pohon itu telah melakukannya. Bagaimana dengan diri kita?

Catatan:

Tulisan ini mengingatkan kepada semua bahwa keberadaan pohon - pohon untuk penghijauan disekitar kita sangatlah sedikit. Pohon - pohon tua tumbang tanpa adanya pengganti dikarenakan kepedulian untuk mengetahui manfaatnya hampir tidak ada.









No comments:

Post a Comment